Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address

Cara Membatasi Kecepatan Internet Pengguna Wifi di Totolink N200RE - Internet saat ini sudah hampir dibutuhkan sekali oleh banyak orang maka dari itu ada yang menggunakan paket data kuota internet, dan ada juga yang mengandalkan internet dari Wifi.

Namun masalahnya jika memakai kuota internet soluler tentunya tidak perlu takut lagi akan ada perangkat lain yang bisa terhubung, karena pada umumnya hanya satu perangkat sajah yang dapat mengakses internet tersebut, terkecuali sengaja di atur untuk sistem hotspot.

Lain halnya dengan internet dari Wifi, karena jaringan internet seperti Wifi ini, sudah pasti perangkat lain pun akan bisa mendeteksi keberadaanya juga bisa mengaksesnya apalagi satu orang sudah mengetahui passwordnya maka akan merembet dan cepat banyak yang terhubung.

Baca juga : Cara menyembunyikan SSID Wifi Totolink N200re

Maka dari itu untuk mengatasi terlalu banyaknya jumlah perangkat yang terhubung ke Wifi, selain mengganti password wifi yang lebih baru, kita juga bisa mengatasinya dengan memberikan pembatasan kecepatan penggunaan Wifi yang terhubung pada router tersebut.

Karena jika kebanyakan pengguna pastinya akan membuat jaringan internet terbagi-bagi dengan jumlah perangkat yang terkonek, yang pada ahkirnya jaringan jadi lemot.

Nah, dalam kesempatan ini Mang Admin akan share kembali bagaimana membatasi kecepatan pengguna wifi pada router totolink n200re yang kebetulan memiliki router tersebut dan sedang bingung untuk caranya, maka anda dapat melakukannya dengan mudah sekali, dan untuk langkah - langkahnya bisa simak sajah di bawah ini.


Cara Membatasi Pengguna Wifi di Totolink N200re

Untuk melakukan langkah setting ini, terserah mau lewat laptop maupun ponsel android, dan untuk contoh saya disini menggunakan Android.

1. Silahkan masuk ke halaman Pengaturan router Totolink n200re, untuk default atau bawaan biasanya dengan mengakses http://192.168.1.1 dengan username dan password "admin" dan "admin". Tapi jika anda sudah pernah menggantinya tinggal akses sajah informasi masuk anda ke router tersebut.

2. Jika sudah berhasil masuk, klik Advanced Setup, lalu pilih menu "QoS", kemudian silahkan ubah "Disable" menjadi "Enabled", Pada bagian Address Type pilih "MAC".

Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address

3. Untuk memilih MAC Address yang ingin kita batasi kecepatanya, tinggal klik "Scan", nanti disana akan melihat beberapa IP serta MAC Address perangkat yang terhubung ke router wifi totolik. Pastikan juga MAC Address perangkat yang ingin di batasi kecepatan internetnya bukan milik perangkat kita sendiri.

Untuk mengetahui MAC Address wifi pada android masuk pengaturan > tentang perangkat > status. disitu akan terlihat beberapa informasi seperti alamat IP, MAC Address dan lainya.

Nah, setelah sudah mengetahui dengan benar MAC Address perangkat yang akan kita kehendaki untuk di batasi kecepatan internetnya, kemudian pada bagian select pilih MAC Address tersebut, lalu, klik tombol "Close"

Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address

4. Di bagian Mode pilih "Restricted Maximum Bandwidth", dan pada bagian "Uplink Bandwidth (Kbps)"
Dan "Downlink Bandwidth (Kbps)", silahkan masukan angka yang di inginkan.

Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address

Contoh gambar di atas saya memberikan angka 250 untuk Uplink Bandwidth (Kbps), dan 250 untuk Downlink Bandwidth (Kbps).

5. Setelah selesai jangan lupa klik tombol "Apply" untuk menyimpan setting tersebut.

Dengan melakukan setting pada fitur Qos di totolink n200re, maka perangkat pengguna wifi yang di daftarkan tersebut tidak akan bisa mengakses kecepatan wifi seperti biasanya, karena kecepatanya telah kita tentukan dalam setelan QoS seperti di atas.

Dan untuk melihat MAC Address yang kita masukan dalam daftar pembatasan kecepatan internet wifi di totolink n200re, akan muncul dibagian bawahnya.

Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address

6. Untuk menghapus atau melepas settingan QoS totolink, pada perangkat yang di batasi kecepatan internetnya, tinggal centang lalu klik "Delete Selected".

Maka perangkat yang tadinya di batasi kecepatan internetnya pada totolink n200re, akan bisa mengakses internet wifi dengan normal kembali.

Itulah beberapa artikel tutorial tentang Cara Setting Fitur QoS untuk membatasi kecepatan internet pengguna wifi di totolink n200re. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

10 Responses to "Setting Fitur QoS Untuk Membatasi Pengguna Wifi Totolink N200Re Lewat Mac Address"

  1. Punya saya TOTOLINK N300RT saya pakai sebagai repeater. pas saya setting jadi repeater kok menu QoS tidak ada ya pak. Adakah solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setelan qos biasanya hanya tersedia pada mode AP dan Router gan...

      Delete
  2. thank you bro, akhirnya bisa membuat mereka yang suka minta bisa di singkirkan secara halus hahaha

    ReplyDelete

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel