Inilah Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka Gambar dan Memutar Video

Aplikasi WhatsApp sekarang tidak hanya menjadi media untuk melakukan percakapan lewat text saja, namun kita juga bisa menggunakannya untuk mengirim pesan seperti gambar maupun video dengan cepat. Mungkin dengan hal itulah aplikasi WhatsApp hingga saat ini masih banyak yang menyukainya.

Inilah Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka Gambar dan Memutar Video

Tapi, ada sedikit masalah yang terjadi ketika menerima pesa gambar atau video, yang terkadang tidak bisa di buka padahal tidak ada masalah dengan sinyal dan jaringan internet, Walaupun sudah dilakukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut seperti restart internet sampai ganti koneksi internet, namun masih sajah begitu, video dan gambar tidak bisa di klik saat ingin di buka.

Nah, bagaimana untuk mengatasinya dan apakah yang menjadi penyebab sehingga masalah tersebut terjadi.

Dalam artikel postingan kali ini Mang Admin akan coba membagikan beberapa solusi yang mungkin bisa kamu praktekan sendiri nantinya agar gambar dan video di WhatsApp dapat dibuka.

Langsung sajah


Reset koneksi internet

Untuk pesan gambar dan video WhatsApp yang tidak bisa dibuka, biasanya penyebab tersebut timbul dari koneksi internet, walaupun sinyal terlihat bagus namun koneksi internet tidak berfungsi atau macet di hp android yang tanpa di sadar, dan hal tersebut juga biasanya sering terjadi pada merek beberapa hp android.

Jadi, dikarenakan koneksi internet yang blank tersebut dampaknya akan membuat semua pesan seoerti gambar, foto, gif, dan video tidak akan bisa diklik untuk dibuka, karena Proses download selalu gagal setiap kali diklik pada gambar maupun video.

Nah, cara yang umumnya terbilang mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencoba untuk melakukan reset koneksi internet.

Adapun untuk reset koneksi internet di android disini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama bisa menggunakan mode pesawat dengan mengaktifkan beberapa saat lalu nonaktifkan kembali. Cara lainya yaitu bisa juga coba menggunakan kode rahasia dengan ngetik *#*#4636#*#*


Restart hp

Untuk salasatu cara dalam mengatasi WhatsApp yang tidak bisa membuka foto dan video adalah bisa dengan restart hp. Dan Ini juga merupakan cara yang terbilang simpel dan work sekali untuk mengatasi berbagai macam terjadi error pada hp android.

Karena mungkin saja ada beberapa program yang bentrok atau korup yang sehingga bisa menyebabkan WhatsApp bermasalah.

Nah, dengan melakukan restart hp, maka semua program di android akan dimuat ulang kembali termasuk aplikasi WhatsApp. ini biasanya sudah bisa untuk mengatasi masalah pada whatsapp tersebut.

Namun jika dengan cara di atas ternyata belum bisa, maka kamu bisa coba melakukan solusi selanjutnya


Update WhatsApp Yang Paling Baru

Aplikasi WhatsApp yang sudah lama versinya juga bisa menyebabkan error karena tertinggal jauh dari versi terbarunuya dan sudah saatnya untuk melakukan update ke versi whatsapp yang saat ini.

Baca juga : Beberaoa Fitur Whatsapo Canggih yang Jarang Digunakan

Tenang sajah karena update WhatsApp ini tidak akan menggagngu atau mengghilangkan chat dan media yang ada di akun tersebut, setelah update selesai silahlan coba lagi jalankan WhatsApp buka file foto atau video yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Apabila penyebabnya memang karena aplikasi whatsapp yang sudah usang maka cara ini bisa jadi solusi terbaiknya.


mengosongkan space memori internal

Secara default aplikasi WhatsApp tersebut akan melakukan download foto maupun video yang di klik pada memori internal. Jika memori internal penuh atau space kosong maka tidak cukup untuk menampung file media dari WhatsApp maka proses download pun akan dipastikan gagal.

Maka dari itu bisa lakukan pengecekan dulu apakah memori internal masih memiliki space kosong atau malah sebaliknya ternyata sudah penuh. maka itu adalah sumber masalah tersebut

Jadi, silahkan hapus dulu beberapa file yang mungkin tidak lagi diperlukan atau pindahkan ke memori eksternal, juga bersihkan file-file sampah yang membuat memori internal jadi penuh.

Nah, ketika pada memori internal ada space yang kosong, silahkan coba lagi untuk membuka WhatsApp dan klik pada foto atau video yang tidak bisa dibuka tersebut.


Mebersihkan cache thumbnail pada gallery

Untuk mengatasi Aplikasi WhatsApp yang tidak bisa membuka foto dan video berikutnya adalah bisa dengan melakukan pembersihkan file cache thumbnail yang terdapat di galery.

Karena file cache tersebut selalu di-generate otomatis oleh sistem android untuk mempercepat proses membuka foto. Dan jika mungkin sudah terlalu lama tak dibersihkan hal ini bisa saja ada beberapa di antaranya yang korup hingga menyebabkan galery tidak bisa berfungsi secara normal. Ini juga bisa menyebabkan foto dan video WhatsApp jadi tidak bisa didownload.

Maka dari itu dengan membersihkannya menggunakan aplikasi cleaner pihak ketiga di Playstore atau menggunakan cleaner bawaan android. Akan bisa membantu untuk mengatasi whatsapp yang tidak bisa buka foto dan video.

Mungkin dengan beberapa tips di atas bisa membantu untu memperbaiki foto dan video whatsapp yang tidak bisa di buka.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Inilah Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka Gambar dan Memutar Video"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel