Memahami Perbedaan File RAR dan ZIP? Inilah Penjelasanya

Memahami Perbedaan File RAR dan ZIP - Format ZIP merupakan panggilan paling populer dimana sebuah arsip ini yang kebanyakan ada di Internet, arsip tersebut ialah berformat ZIP atau RAR

Memahami Perbedaan File RAR dan ZIP? Inilah Penjelasanya

File archive yang berformat RAR atau ZIP ini, sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memperkecil ukuran suatu file. Kedua format ini menggunakan algoritma tersendiri untuk mengecilkan ukuran suatu file tersebut.

Dan ada beberapa perbedaan antara file rar dan zip yang mungkin perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:


File ZIP

Format ZIP inu mungkin kamu sering temukan di internet, karena format zip tersebut tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengektrak nya. Seperti contoh kalau rar akan memerlukan WinRAR untuk mengektraknya, namun zip tidak memerlukannya. 

Selain itu, format zip juga mempunyai kemampuan self-extracting dimana akan memiliki sedikit ukuran lebih besar, tetapi bisa mengektrak nya sendiri tanpa bantuan dari aplikasi lain. Keuntungan yang lainnya, pembuatan file zip ini akan lebih cepat.


File RAR

Keuntungan dari format RAR tersebut akan mampu mengkompres file menjadi padat jika dibandingkan dengan zip. Selain itu, jika kebetulan kamu ingin menciptakan file multi-volume maka formar rar adalah untuk jawabannya. 

Untuk Hal yang terbilang unik lainnya, bahwa file format rar ini, akan mampu merekontruksi file yang rusak, memberikan proteksi, dan juga melindungi file dari modifikasi yang tidak disengaja. Dan keuntungan lainnya, format rar ini akan mampu menangani file dalam ukuran yang tak terbatas, berbeda dengan zip yang hanya bisa maksimal sampai 2GB.

Jadi, Intinya kedua format file tersebut akam mempunyai keuntungan yang berbeda - beda.

Untuk itu silahkan kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Itulah untuk artikel memahami perbedaan File RAR dan ZIP yang bisa saya ulas kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Memahami Perbedaan File RAR dan ZIP? Inilah Penjelasanya"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel