Inilah Trik Ampuh Memperbaiki Aplikasi Whatsapp Telah berhenti Sendiri

Sekarang Whatsapp tidak hanya di gunakan oleh kalangan remaja, namun saat ini whatsapp juga telah banyak digunakan oleh para pebisnis, pelajar, pedagang, pegawai bahkan pengajar pun menjadi pengguna setia aplikasi whatsapp, jadi, sudah tak heran jikalau whatsapp kini sudah mencapai miliaran pengguna bahkan lebih.

Solusi Mengatasi Aplikasi Whatsapp Telah Berhenti Sendiri

Mungkin dikarenakan banyak pengalaman dan manfaat yang tersedia di aplikasi gratis yang satu ini. Seperti dari percakapan, Mengirim pesan maupun mendapatkan file atau media, membuatkan lokasi dan lain-lain. Mungkin itulah yang menjadi bebeapa alasan utamanya sehingga orang banyak yang menyukai aplikasi tersebut.

Namun, masalah yang kadang terjadi yaitu sering menemukan error seperti muncul pesan pop-up “unfortunatelly Whatsapp has been stopped” atau “sayangnya Whatsapp telah berhenti" dan biasanya aplikasi akan secara otomatis keluar mendadak.

Nah, terjadinya Erro pada aplikasi tersebut mungkin dikarenakan beberapa macam penyebab seperti:
  • karena memory RAM yang sudah penuh
  • kapasitas internal memory yang full
  • bahkan bisa jadi aplikasinya yang tidak kompatible versinya atau butuh untuk diupgrade
  • dll sebagainya.

Masalah tersebut dapat terjadi pada HP android berbagai macam merk dan tipe mulai dari samsung hingga evercoss. Penyebab terjadinya error ini awalnya aplikasi terasa lemot dan kinerja HP pun terasa berat.

Nah, jika kebetulan kamu mendapati hal tersebut pada ponsel android kamu dan kebetulan ingin segera memperbaikinya maka kamu bisa simak beberapa cara memperbiki aplikasi whatapps yang error dibawah ini:


1. Menghapus File Dump dan Cache Aplikasi Whatsapp

Pada sistem Android, setiap aplikasi yang berjalan didalamya, pastinya akan menghasilkan file cache beserta dump files yang tersimpan pada memori ROM serta RAM hp, sehingga lama-lama akan menumpuk pada memory RAM, pastinya memakan kapasitas yang banyak hingga kinerja HP akan terhambat, maka dari itu jangan kaget jikalau ponsel kamu semakin lama di gunakan maka akan semakin lemot. Karena hal ini bersifat general untuk semua aplikasi yang terinstall pada android kamu.

Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa membersihkan sekaligus file cache yang menumpuk yang menjadikan whatsapp berjalan sangat lambat, kamu dapat menghapusnya secara manual di bagian menu setting atau dengan aplikasi tambahan, namun, apabila kamu ingin menghapusnya secara manual dapat ikuti berikut ini:

Caranya:
Masuk menu setting android >> app/aplikasi >> downloaded/unduhan kemudian cari whatsapp, kemudian klik tombol cleas cache/hapus cache.


Force Closed atau Hapus Data Aplikasi Whatsapp

Untuk mengatasi aplikasi whatsapp yang tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Bisa juga dengan cara berikut ini, jika berhasil aplikasi whatsapp akan kembali ringan dan cepat seperti pertama kali dipasang. Namun, yang harus di ketahui bahwa dengan menghapus data aplikasi whatsapp, maka semua history chat ataupun semua yang pernah berkirim pesan gambar video dan lainya di whatsapp, akan otomatis hilang atau terhapus.

Tapi tenang saja kalau kontak teman-teman whatsapp kamu masih tetap aman.

Caranya:
Silahkan masuk menu setting hp android >> app/aplikasi klik downloaded kemudian cari icon whatsapp dan klik tombol Force close lalu hapus data.

Jika sudah dilakukan silahkan keluar dulu dari menu setting, kemudian masuk ke aplikasi whatsapp, masukan no HP yang sama dan log in seperti pertamakali memakai whatsapp.


Mengupgrade Versi Whatsapp Android

Dengan melakukan cara ini, juga termasuk solusi yang terbilang ampuh, karena dengan mengupdate versi aplikasi whatsapp maka nantinya akan secara otomatis menghilangkan bug pada aplikasi, juga mengoptimalkan kinerja perangkat android yang di gunakan.

Karena biasanya jika aplikasi sudah tidak komptible versinya akan sering crash dengan sistem android, jadi, jangan heran apabila whatsapp yang kamu gunakan sering keluar tiba-tiba karena mungkin sajah butuh diupgrade versinya yang lebih baru.


Install ulang Aplikasi Whatsapp

Apabila dengan semua cara diatas masih sajah belum juga dapat mengatasi permasalah seperti muncul pesan error "sayangnya whatsapp telah berhenti" untuk itu kamu dapat menguninstall aplikasi tersebut kemudian baru download kembali.

Jika masih belum paham caranya, silahkan buka menu setting HP, klik app/aplikasi, klik unduhan/downloaded, lalu cari aplikasi whatsapp kemudian klik uninstall atau copot pemasangan. Biarkan proses hingga selesai.

Setelah aplikasi berhasil di copot maka coba kamu install kembali aplikasinya, tentunya dengan whatsapp versi yang paling baru saat ini.


Restart Smartphone Copot Micro SD, SIM dan Batterai

Langkah terahkir, jika beberapa cara seperti yang di uraikan di atas tidak satupun yang berhasil untuk menghilangkan secara permanent error tersebut, maka cara ini juga layak anda coba yaitu dengan merestart ponsel kamu, untuk cara ini silahlan mencopoy semua yang terpasang pada ponsel seperti SIM card, ekternal MicroSD bahkan baterai, namun jikalau non-removable maka tak perlu dicopot.

Setelah dicopot coba untuk dibersihkan dan dipasangkan kembali, kemudian baru nyalakan kembali.

Sebagai Tips tambahan untuk mengatasi hal error yang terjadi pada aplikasi lain maka dapat dengan menginstall aplikasi pembersih seperti Clean Master, Ccleaner ataupun antivirus seperti AVG security, Avast, dan lakukan pencucian secara terpola minimal sehari sekali sehingga cache dan dump file tidak menumpuk dan menghalangi kinerja hardware perangkat android kamu hingga berdampak pada aplikasi jadi error.

Nah, dalam artikel di atas sudah dijelaskan beberapa tips dan solusi untuk mengatasi whatsapp error atau sayangnya whatsapp telah berhenti pada HP android.

Demikan dari saya semoga artikel ini bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Inilah Trik Ampuh Memperbaiki Aplikasi Whatsapp Telah berhenti Sendiri"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel