6 Tips Untuk Pemasangan WiFi agar Lebih Optimal dan Penjelasanya

Internet saat ini sudah terbilang salasatu kebutuhan penting untuk sehari - hari karena ada juga yang mengatakan bahwa tanpa internet serasa ada yang kurang untuk aktifitas dalam sehari hari.

Nah, Kalau bicara mengenai internet selain data kuota tentu juga tidak luput dari penggunaan wireless router untuk koneksi wireless ke gadget yang kita miliki seperti halnya smartphone, laptop, komputer desktop dan lainya.

Dan agar bisa menikmati jaringan internet tersebut kita harus berlangganan pada penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider), di Indonesia sekarang sudah banyak sekali yang menyediakan layanan tersebut langsung pasang di rumah pelanggan dengan menggunakan media fiber optik atau istilahnya FTTH (Fiber To The Home).

Dan untuk menunjang sebuah kualitas akses internet maka dibutuhkan juga alat yang mumpuni, mulai dari modem/ONT, wireless router, pemasangan kabel dsn lsinya

Pemasangan wireless router ini di butuhkan untuk menjangkau ruangan yang tidak terkover oleh sinyal WiFi dari modem ONT karena rumah yang kita miliki terlalu luas. Wireless router yang kita pasang jenis indoor karena di pakai di dalam rumah, banyak juga merk yang bisa kita gunakan seperti UBNT, Mikrotik, Totolink, TPLink, Tenda Router, dan banyak lagi lainya....

Untuk itu kami akan coba memberikan beberapa tips untuk pemasangan wireless router WiFi agar bisa lebih optimal dalam penggunaan.

Langsung sajah...


1. Mengenali kemapuan wireless router yang ingin digunakan

Jadi saat kita memilih wireless router untuk Access Point alangkah baiknya mengetahui dulu spesifikasi yang tertera di perangkat tersebut, seberapa kapasitas bandwidth yang bisa di bawa, maksimum jumlah cient bisa terkoneksi. Untuk menjaga kemampuan wireless router, untuk hal ini coba gunakan alokasi maksimum 80 % dari total jumlah client yang bisa dilayani agar alat tersebut dapat bekerja maksimal.


2. Menempatkan Posisi wireless Router

Dalam menempatkan wireless router yang tepat, usahakan tidak terhalang dengan benda atau tembok karena ini bisa mempengaruhi kinerja alat yang digunakan. Jika ruangan rumah atau kantor banyak sekat-sekat maka bisa letakkan wireless router dalam posisi yang lebih tinggi. Hindari meletakan AP di dekat media yang bisa memantulkan sinyal seperti tembok, besi, perangkat elektronik dan lainya.


3. Pengaturan Frekuensi

Jika alat yang kita pasang memiliki single band atau dual band maka lebih mudahnya bisa bekerja pada frekuensi 5 GHz atau 2.4 GHz bisa juga bekerja bersamaan di dua frekuensi tersebut. Alat yang bisa berkerja pada 2 frekuensi dan berjalan bersama memiliki standart 802.11 ac. Setelan frekuensi juga terbilang penting jika kita memilih frekuensi 2.4 GHz seperti contoh tabel di bawah ini.

6 Tips Untuk Pemasangan WiFi agar Lebih Optimal dan Penjelasanya


Jadi, saat ada alat lebih dari satu pada ruangan, maka pengaturan frekuensi tersebut sangat penting untuk ,menghindari terjadinya interferensi/gangguan.

Misalnya alat pertama kita set pada channel 1=2.412 GHz maka alat yang ke dua kita bisa set di channel 6=2.437 GHz apabila ada alat lagi pada ruangan yang sama maka kita dapat set pada channel 11=2.462 GHz


4. Pengaturan Band

Apabila alat yang kita gunakan adalah Dual Band seperti yang kita bahas diatas, ferkuensi 2.4 Ghz dan 5Ghz. Untuk mendapatkan performa yang maksimal maka kita harus aktifkan fitur Band Steering.

Band Steering ini fitur yang bisa menjalankan pengguna agar terhubung pada jaringan 5GHz, dan membiarkan jaringan 2.4GHz untuk gadget yang hanya di frekuensi 2,4GHz.


5. Pengaturan Tx/Rx Power

Pengaturan Tx/Rx power juga dapat memaksimalkan kekuatan pancaran dan penerima, karena sinyal WiFi ini bekerja di dua arah yaitu pemancar dan penerima. Selain membutuhkan daya pancar yang besar,  juga membutuhkan daya penerima yang sensitif (receiver sensivity).


6. Pengaturan Legacy Support

Dalam hal ini beberapa kasus wireless router di seri terbaru biasanya tidak mendukung perangkat atau gadget keluaran lama. Maka harus diperlukan pengaturan agar perangkat gadget standart WiFi 802.11 B/G bisa mendunkung dengan wireless router baru.

Itulah sedikit artikel tips untuk pemasangan WiFi supaya lebih optimal, semoga apa yang di tuliskan di atas bisa bermanfaat dan bisa membantu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "6 Tips Untuk Pemasangan WiFi agar Lebih Optimal dan Penjelasanya"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel