Ada Beberapa Macam Mode Jaringan di Virtualbox Yang Perlu Diketahui

Bagi yang suka memahami tentang jaringan pastinya tidak akan asing dengan jenis sofware vitualisasi Ini yang salah satunya yaitu virtualbox. Nah, untuk itu artikel kesempatan kali ini saya akan coba sedikit membahas mengenai fungsi dari masing - masing di mode jaringan yang terdapat di virtualbox karena tentu saja dari pilihan mode yang digunakan akan memiliki fungsi yang berbeda - beda.
Ada Beberapa Macam Mode Jaringan di Virtualbox Yang Perlu Diketahui
Dan di dalam virtualbox ada beberapa mode jaringan di antaranya adalah :
  • NAT
  • Bridged
  • Internal Network
  • Host-Only Adapter
  • Generic driver

Dari 5 mode tersebut Masing masingnya aka memiliki fungsi tersendiri, dan berikut ini beberapa penjelasanya.


1. NAT

NAT, kata singkat dari (Network Address Translation) sebuah virtual network yang terdapat di virtual box yang memiliki fungsi seperti NAT.
Jadi, dengan menggunakan mode NAT tersebut dapat memungkinkan OS host akan memiliki koneksi internet, maka OS guest akan secara langsung mendapat koneksi internet walaupun belum melakukan settingan apapun, Karena Fungsi dari NAT pada virtualbox akan sama persis dengan NAT yang ada pada jaringan fisik.


2. Bridged Adapter

Mode yang satu ini juga dapat memungkinkan OS guest dapat menerima data maupun untuk mengirim data pada jaringan fisik, jadi OS guest dan OS ost persisnya seperti dua komputer yang berbeda misalnya dari komputer guest ingin kita sambungkan pada jaringan internet, maka dari itu konfigurasi ethernet pun harus di arahkan atau memilih "LAN OS Host" supaya mampu berkomunikasi pada jaringan fisik.
Sehingga misalkan terdapat server DHCP kita bisa memilih mode bridge "OS Guest" maupun "OS Host" maka, akan mendapat alamat IP Address yang berbeda, tapi dengan kelas dan subnet yang sama seperti konfigurasi yang ada di DHCP Server.


3. Internal Network

Mode jaringan yang satu ini akan memungkinkan untuk membuat beberapa virtual machine atau OS guest baru yang saling terhubung secara internal. Jadi, sesama virtual machine yang tersambung/menggunakan suatu mode Internal Network akan bisa saling menghubungi satu sama lainnya, tapi mode pada jaringan ini akan terisolasi dengan jaringan luar hingga OS guest tidak dapat terhubung dengan OS Host ataupun sebaliknya.


4. Host-Only Adapter

Mode ini bisa sajah di anggap sebagai mode gabungan dari Bridged atau mode Internal network. Apabila menggunakan mode tersebut, maka OS guest bisa mengakses OS host dan juga sebaliknya OS host akan bisa mengakes OS guest. Tapi dengan catatan OS host dan guest harus memakai mode jaringan host-only adapter langsung ada pada satu jaringan yang sama menggunakan Ethernet yang berbasis software.


5. Generic Driver

Sebenarnya mode yang satu ini jarang di pakai oleh pengguna, namun jika kita ingin menghubungkan Virtual Box dengan sofware GNS3 untuk simulasi jaringan, maka kita bisa menggunakan mode Generic Driver tersebut. Dan biasanya mode ini bisa secara otomatis jika GNS3 dan Virtualbox telah berhasil terhubung.

Mungkin itulah sedikit pemahamanya menganai beberapa mode yang terdapat di virtualbox. Sekian dulu dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Ada Beberapa Macam Mode Jaringan di Virtualbox Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel