Cara Mengatasi Pulsa Android Masih Terpotong Padahal Pake Wifi dan Kondisi Data Off

Mungkin anda salasatu orang yang juga pernah mengalami masalah, kenapa pulsa android masih kesedot atau terpotong, padahal menggunakan wifi dan kondisi data seluler sudah di Off.
Mengatasi Pulsa Android Masih Kesedot Padahal Pake Wifi dan Kondisi Data Off

Hal ini juga pernah menjadi pengalaman saya sendiri ketika sudah mempunyai wifi rumahan, dan saat itu saya sudah merasa tenang karena tidak lagi menggunakan kuota data internet, dan bisa internetan sepuasnya kapanpun.

Saya fikir ketika internetan menggunakan wifi, pulsa android saya akan aman tentu bisa saya gunakan untuk keperluan penting lainya saja, saat itu kebetulan saya menggunakan kartu XL 4G, namun setelah aktif beberapa saat mendadak mendapat sms dari operator jaringan yang memberitaukan dengan isi pesan

"saat ini anda menggunakan internet dengan tarif normal"

Namun notifikasi tersebut saya biarkan saja karena saya anggap itu notifikasi biasa supaya langganan ke paket data.

Karena saya sudah memakai wifi dan data selular pun sudah saya off, pastinya pulsa saya aman.

Seiring jalanya waktu hingga sampai kurang lebih seminggu, ketika saya hendak tepon teman, "loh ko pulsanya bisa habis sendiri, padahal isi pulsa 5rb belum saya pakai apa apa loh, ahkirnya terpaksa saya isi pulsa lagi, dan di pakai sedikit baru beberapa hari sudah habis lagi.

Ahkirnya saya penasaran terus coba telpon ke cs xl di 817. Untuk menanyakan masalah tersebut dan disitu saya dapet arahan agar memeriksa Setting APN terlebih dahulu.

Setelah itu, saya coba lakukan dengan set APN nya ke default, dan sampai saat ini pulsa android saya aman tanpa berkurang sedikit pun walaupun seharian internetan pake wifi.

Nah, untuk masalah tersebut mungkin ada yang masih bingung bagaimana cara melakulan seting APN agar pulsa tidak kesedot saat internetan menngunakan wifi, berikut dibawah ini beberapa langkah mudahnya.


Mengatasi Pulsa Android Masih Kesedot Padahal Pake Wifi dan Kondisi Data Off

Untuk setelan APN tersebut mungkin akan sedikit berbeda - beda pada setiap jenis merk hp, dan kebetulan disini saya menggunakan hp dengan merk samsung

1. Masuk menu setting
2. Lalau Connections
3. Pilih mobile networks
4. kemudian buka Access point name (APN)
6. Klik pada titik tiga bagian atas kanan lalu klik reset to default.
7. Selesai.

Catatan :
jika suatu saat jauh dari wifi dan kita ingin menggunakan internetan pake data seluler, maka tinggal aktifkan saja mobile data seluler nya, nanti fitur gprs tersebut akan secara otomatis aktif dan, jika ingin menggunakan wifi maka harus mengulang setelan lagi ke default seperti langkah pertama di atas.

Jadi, artinya walaupun mobile data sudah di off dan internetannya pake wifi, tapi ketika dalam setelan APN yang tertulis " Internet atau GPRS" masih keadaan aktif maka tetap saja akan memakai pulsa untuk keperluan browsing, download, dan lainya, walaupun kita menggunakan internetan dari jaringan wifi.

Selain cara di atas biasanya ada juga dengan Add APN di dalam setting APN- caranya buat numerikal yang asal asalan saja yang penting tidak terbaca oleh sistem. Setelah selesai buat, pilih lalu Simpan.
Dan jika suatu saat ingin internetan menggunakan data kuota atau pulsa kembali maka kita harus merubah setelan APN nya ke seperti semula sebelum kita mengganti atau merubahnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai Cara Mengatasi Pulsa Android Masih Kesedot Padahal Pake Wifi dan Kondisi Data Off. Mudah - mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

3 Responses to "Cara Mengatasi Pulsa Android Masih Terpotong Padahal Pake Wifi dan Kondisi Data Off"

  1. Thanks bang,saya udah habis pulsa banyak, eh ternyata ketemu di sini solusinya,kemaren2 agak malas nyari tau ,padahal udah hampir 5 tahun pake wifi, beli pulsa buat nambah masa aktif kartu tiap bulan, eh tiap di cek tiba2 habis

    ReplyDelete

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel