Review Pengertian Dari POAC Planning, Organizing, Actuating, and Controlling

Dalam mendirikan sebuah organisasi atau perusahan mungkin akan terbilang sangat mudah, namun disamping itu sudah pasti akan ada beberapa hal yang harus dipikirkan bagaimana, dan untuk apa perusahan tersebut kedepannya.

Review Pengertian Dari POAC Planning, Organizing, Actuating, and Controlling

Nah, untuk itu, dalam hal ini kamu harus memahami dan mengenal dengan yang sering di sebut dengan POAC karena ini merupakan suatu ilmu manajemen yang akan sangat bermanfaat sekali untuk kemajuan sebuah perusahaan pada langkah kedepanya.

POAC adalah panggilan, dari kepanjangan Planning, Organizing, Actuating, and Controlling yang merupakan sebuah konsep dasar dalam manajemen sebuah organisasi yang dikemukakan oleh George R Terry. pertama kalinya.

POAC kini sudah menjadi hal yang mendasar sekali dalam berbagai perusahaan, karena dengan konsep tersebut akan mampu mencapai semua visi ataupun misi suatu perusahaan saat kedepan nantinya. Maka dari itu, konsep ini terbilang sudah lebih mendasar.

Untuk mengetahui arti semua itu berikut ini beberapa penjelesan yang bisa jadi point penting yang harus dan wajib di ketahui.


Planning

Planning adalah merupakan sebuah arti dari rencana yang dapat menentukan sebuah jalannya perusahan. Maka hal ini tentu sangatlah penting sekali, karena apabila suatu perusahaan atau organisasi tidak akan memiliki aturan yang jelas jika tidak memiliki sebuah rencana.

Jadi, Planning disini bukanlah sekedar merencanakan sajah untuk tujuan perusahaan tersebut dan apa yang mesti dihasilkan. Selain itu harus juga mempunyai beberapa solusi, untuk perusahaan atau organisasi ketika sedang mengalami masalah.

Jadi, dalam merencanakan, manajer harus juga memerhatikan beberapa faktor penting, seperti:
  • Specific: yang artinya planning atau rencana yang harus bersifat jelas dalam meliputi maksud, dan tujuan, juga, lengkap dengan ruang lingkupnya.
  • Measurable: yang artinya suatu rencana yang harus diketahui pada tingkat kesulitan atau daya saingnya.
  • Achievable: yang artinya merupakan rencana yang telah disusun akan memiliki kemungkinan untuk bisa dicapainya, jadi, bukan hanya sekedar omong sajah.
  • Realistic: yang artinya planning tersebut harus juga sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya, ini agar mampu dengan mudah untuk melewati berbagai tantangan saat kedepannya.
  • Time: yang artinya rencana yang dibuat tersebut harus memiliki batasan waktu yang jelas, karena hal ini untuk mempermudah saat melakukan evaluasi atau penilaian.


Organizing

Organizing ini dalam konsep POAC adalah suatu proses untuk memastikan atau menyusun setiap elemen dalam organisasi sesuai dengan sumber daya atau skill yang dimilikinya.

Organizing juga meliputi pemberian tugas yang spesifik pada semua elemen yang ada di dalamnya, dan memberika beban pekerjaan pada orang yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut , itu sudah menjadi ciri khas pada sebuah perusahaan.

Misalnya, orang tersebut memiliki keahlian marketing, maka secara otomatis akan ditugaskan untuk mempromosikan sebuah produk atau hal lainnya agar cepat dikenal banyak orang dan laku.

Dan sebelum melakukan organizing, menejer juga harus mengenal terlebih dahulu semua orang yang ada di dalam organisasi atau perusahaan tersebut, bisa dengan lewat portofolio mereka.

Pengorganisasian umumnya dilakukan dengan membentuk hierarki dan dibagi menjadi beberapa bagian sampai ke bagian tersebut dan akan mempunyai jabatan yang berbeda - beda.

Setiap jabatan juga akan mempunyai kewajiban, hak, dan tanggung jawab yang berbeda dan itupun wajib dilakukan tanpa harus mementingkan diri sendiri.


Actuating

Sebuah pengorganisasian apabila tidak ada aksi sama sekali, tentu tidak akan memiliki manfaat sama skali karena semua tujuan akan menjadi anka Nol Besar.

Untuk itu Actuating atau pelaksanaan dalam sebuah perusahaan juga menjadi sangatlah penting agar bisa mencapai tujuan atau visi dan misi yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu dalam pelaksanaan juga sangatlah dibutuhkan sekali kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama antara satu divisi dan divisi lainnya.

Dan pelaksanaan tersebut juga harus dijalankan sesuai dengan tujuan ketika awal direncanakan dan setiap orang harus bertanggung jawab atau bekerja dengan tugasnya masing - masing, terkecuali ada permasalahan yang membutuhkan sebuah penyesuaian.


Controlling

Untuk point yang terakhir ini, dalam ilmu manejemen konsep POAC adalah Controlling atau pengawasan, jadi, sebuah pemimpin atau menejer diharuskan mengawasi setiap divisi sampai subdivisi untuk memastikan bahwa mereka semua benar - benar bekerja sesuai dengan rencana awal.

Karena pengawasan juga, tentu menjadi hal yang sangat penting untuk bisa mencapai semua tujuan perusahaan dan harus dilakukan sejak dini, ini agar semua kesalahan dapat dikoreksi secepat dan setepat mungkin.

Untuk fungsi controlling pada umumnya adalah :
  • Untuk menghindari berbagai penyimpangan yang terjadi di dalam sebuah organisasi
  • Untuk memperbaiki setiap kelemahan atau kesalahan
  • Untuk lebih meningkatkan tanggung jawab setiap orang
  • Untuk mengoreksi jika pelaksanaan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan

Demikian mengenai artikel tentang pengertian POAC atau (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) dalam ilmu manajemen yang harus dan wajib diketahui ketika membangun suatu organisasi ataupun perusahaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Review Pengertian Dari POAC Planning, Organizing, Actuating, and Controlling"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel