Bagaimana Remote Mikrotik dari Jarak Jauh Tanpa IP Publik Memakai Open Vpn

Hal ini bisa juga di katakan penting untuk meremote mikrotik pelanggan dari jauh, namun, dikarenakan provider internet tidak memperlihatkan ip public nya, maka kita harus memakai beberapa solusi untuk melakukanya, salah satunya yaitu adalah, dengan memakai open VPN, dan, saat ini ada banyak yang menyediakan open VPN, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Bagaimana Remote Mikrotik dari Jarak Jauh Tanpa IP Publik Memakai Open Vpn

Nah, kesempatan artikel kali mang admin akan membuatkan bagainana cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Tanpa IP Public Menggunakan Open VPN yang gratisan, di negara Indonesia untuk mendapat Salah satu penyedia layanan OVPN (open VPN server) gratis, anda bisa kunjungi alamat "MyTunnel" di https://web.tunnel.my.id

Jadi, walaupun mikrotik tidak memiliki ip public. Namun kita akan coba setup mikrotik sebagai OVPN Client untuk remote mikrotik lewat internet dari jarak jauh.

Langsung sajah berikut ini beberapa caranya:


Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Tanpa IP Public Menggunakan Open VPN

Untuk yang pertama anda kunjungi dulu atau masuk alamat https://web.tunnel.my.id

1. Setelah masuk halaman pertama silahkan pilih Daftar dulu dengan mengisi form registrasi yang dibutuhkan, seperti alamat Email yang digunakan, username dan password, yang nantinya akan kita gunakan untuk login ke MyTunnel.

2. Setelah registrasi selesai, silahkan login kembali dengan email yang di gunakan untuk mendaftar tadi, dan nanti anda akan menemukan 2 email baru, diantaranya yaitu satu email untuk aktivasi dan satu email tutorial penggunaan layanan dari MyTunnel.

3. Kemudian silahkan buka email aktivasi dan klik link aktivasi dan akan muncul notifikasi, bahwa akun sudah aktif.

Saya rasa untuk proses Register sangat mudah sekali dan anda pun saya yakin pasti bisa melakukanya.

4. Jika sudah login, silahkan buat akun VPN nya, tinggal klik menu VPN di bab kiri, kemudian klik Add VPN Account, Pilih lokasi server US untuk layanan gratis, isi menu username & password akun OVPN, Kemudian klik “save dan akun VPN sudah siap digunakan.

5. Stelah itu, nanti akan menemukan info tentang akun OVPN yang telah dibuat tadi dengan isi username & password OVPN, alamat server port yang nantinya akan dipakai untuk setup ovpn client di mikrotik.

6. Selanjutnya buka winbox, kemudian pindah ke tab “Dial Out” lalu isikan username dan password, server (connect to) dan port sesuai dengan yang sudah di-generate di OVPN server dan mode diset ethernet untuk Profil pilih saja Default, Lalu klik aply, OK.

7. Jika nanti berhasil terhubung, maka ip VPN nya akan terlihat pada menu address list sesuai dengan yang sudah di-generate di OVPN Server, tinggal masuk ke sajian Tools >> Netwatch tambahkan ip 192.168.195.1, pastikan juga port yang dipakai untuk winbox, ssh dan web diset default, dapat cek di menu IP >> Services.

Port yang dipakai untuk mengakses winbox, webfig dan ssh dapat cek di bab OVPN yang sudah digenerate.

8. Nah, hingga langkah ini maka setup sudah selesai dan sudah bisa untuk remote mikrotik lewat internet jarak jauh.

9. Terahkir silahkan coba dengan Meremote Mikrotik anda menggunakn jaringan yang berbeda, contohnya memakai jaringan data selluler.

Satu hal lagi yang perlu di ketahui, anda pun harus sebijak mungkin dalam menanggapinya karena yang namanya juga gratis, maka biasanya akan sedikit susah untuk connect ke server, namun jikalau langkah-langkahnya sudah benar sudah pasti akan berhasil, walaupun terkadang susah karena server vpn nya mungkin sajah lemot.

Dan untuk itu, saya sarankan untuk menggukan server vpn yang berbayar agar mendapat hasil yang maksimal, dan anda pun bisa mendapatkannya di "https://tunnel.my.id/" di indonesia, disitu menyediakan dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikian dulu untuk artikel mengenai cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Tanpa IP Public Menggunakan Open VPN. mudah-mudahan bisa bermanfaat, Terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Bagaimana Remote Mikrotik dari Jarak Jauh Tanpa IP Publik Memakai Open Vpn"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel