Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui

Sebenarnya untuk melakukan defrag hard disk, ini sudah terbilang sangat mudah terutama pada Windows 10, Karena fitur tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Terus Bagaimana dengan Windows 7 atau Windows 8, Tenang sajah, kalian juga tentu masih bisa menggunakan fitur Defragment.

Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui

Menurut saran ada juga yang mengatakan agar langsung masuk ke dalam fitur defrag. Akan tetapi sebaiknya melakukan dulu beberapa tahapan pertama sebelum melakukan defrag pada hardisk, hal ini dilakukan supaya nanti bisa mendapat hasil yang lebih maksimal

Tahapan awal tersebut diantaranya adalah seperti:
  • Menghapus semua file yang ada di Recycle Bin
  • Melakukan Disk Cleanup dengan aplikasi bawaan Windows, ini agar semua file sampah dapat terhapus dengan baik.
  • Menghapus semua cache browser yang sering di gunakan
  • Menonaktifkan sambungan internet. ini dilakukan untuk menghindari update aplikasi secara otomatis ketika sedang melakukan defrag.

Langkah seperti diatas ini walaupun memang tidak wajib untuk dilakukan. Namun maksud dan tujuanya adalah agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan hal ini saya juga sangat menyarankan sekali.

Nah, berikut ini adalah cara defrag hardisk yang bisa kamu ikuti


Defrag Hard Disk pada Laptop / Komputer (PC)

  1. Pertama masuk ke Start dengan menekan tombol icon Windows di keyboard
  2. Selanjutnya pada pencarian ketik "Disk Defragment" lalu buka aplikasi tersebut,
  3. Setelah itu klik partisi yang ingin di defrag.
  4. Sebelum itu sebaiknya kamu klik "Analyze" terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah hard disk memang harus di defrag apakah tidak.
  5. Jika dari hasil analisa adalah"Need Optimisation", maka silahkan klik "Optimize" untuk memulai mendefrag.
  6. Tunggulah hingga prosesnya sudah benar - benar selesai, hal ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika kebetulan tingkat fragment nya sudah semakin tinggi.

Seperti itulah beberapa langkahnya, dan saya yakin kalian juga pasti bisa melakukanya karena pada Windows sendiri memang sudah disediakan aplikasi untuk cara tersebut.
dan walaupun kelihatanya hanya sepele dan sederhana sekali, tapi yang perlu di ingat lagi hal ini dapat berpengaruh sekali pada kinerja komputer atau laptop.

Selanjutnya:

bagaimana jika menyetel Defrag secara otomatis dan teratur.

Dengan melakukan hal seperti di atas pastinya akan memiliki rasa malas dan bosan untuk menunggu beberapa lamanya proses defrag pada hardisk.,

Dan disini juga saya akan bagikan solusi lagi yaitu dengan menjadwalkan proses defrag. Agar sistem dapat melakukan mendefrag penyimpanan secara otomatis dan teratur.

Caranya:
  1. masuk ke "Disk Defragment"
  2. klik "Change settings" di Scheduled optimization
  3. Setelah itu silahlan memilih Frequency sesuai yang di inginkan, harian, minggu atau sebulan sekali melakukan defrag otomatis
  4. Setelah itu tinggal klik "Choose" kemudian pilih partisi yang ingin di defrag secara otomatis, nati akan bekerja sendiri sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

Dengan beberapa langkah diatas kamu sudah berhasil menjadwalkan sistem untuk mendefrag hardisk secara otomatis.

Sebagai Tambahan Mengenai Defrag Penyimpanan

Defrag hardisk ini hanya bisa dilakukan pada penyimpanan yang berjenis "HDD" (Hard Disk Drive) dan hal ini tidak berlaku untuk "SSD" (Solid State Drive).

Nah, untuk rentang waktu yang terbilang tepat untuk melakukan defrag yaitu sekitar satu sampai dua bulan sekali. Ingat jangan sampai melakukannya setiap hari karena, bisa berdampak buruk

Dalam hal ini mendefrag hardisk bukan solusi untuk mengatasi beberapa masalah seperti blue screen, laptop mati mendadak, dan sebagainya.

Tapi, ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kembali performa perangkat, dan kinerja pada laptop atau komputer. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel