Cara Agar Link External Terbuka di Tab Baru Secara Otomatis

Sebenarnya dalam hal ini dapat menjadi alasan masing-masing setiap blogger dan mungkin juga ada yang menginginkan agar eksternal link yang ada di blog bisa otomatis dibuka pada tab baru tanpa perlu menggantinya satu persatu secara manual.

Cara Agar Link External Terbuka di Tab Baru Secara Otomatis

Kalau mang admin sendiri, untuk internal link tersebut tidak memakai tag target="_blank" sehingga nantinya jika link internal ada yang klik, maka akan tetap di halaman tab yang sama, sedangkan eksternal link memakai tag target="_blank" jadi, link eksternal tersebut nantinya akan muncul kalau dibuka pada tab baru.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh lagi mungkin masih ada yang belum memahami apasih eksternal link dan internal link itu?.

Biar nati dapat lebih erat lagi untuk langkah kedepanya, maka akan saya kasih sedikit penjelasan dulu mengenai hal tersebut

Berikut ini penjelasanya:
  • Eksternal Link
    Eksternal link merupakan sebuah URL atau tautan dari blog/web lain yang terdapat di dalam web/blog kita, dan nama tersebut di namakan alamat link (tautan) yang bila diklik akan mengarah ke halaman web/blog lain.
  • Internal Link
    Internal link adalah alamat URL atau tautan yang berasal dari satu blog/web kita sendiri dan ini biasa sebut dengan link yang mengarah ke halaman lain dalam web/blog sendiri

Itulah sedikit penjelasanya untuk mengenai eksternal link dan internal link.

Untuk itu jika kebetulan blog anda sudah mempunyai ratusan postingan atau artikel yang memiliki eksternal link tapi tidak dapat terbuka secara otomatis saat link tersebut di buka (klik), dan jika harus melakukan edit satu-satu secara manual untuk mengubahnya, tentunt akan memerlukan banyak waktu sekali, dan menurut Mang admin hal tersebut juga kurang efektif, kalau kita sudah mempunyai ratusan artikel bahkan ribuan postingan blog.

Nah, untuk mengatasinya kita bisa memakai dukungan JavaScript, selain itu kita juga dapat mengubah semua link eksternal menjadi open new tab atau membuka di tab baru saat ada yang membukanya / klik. dan untuk mengenai link eksternal banyak yang menyarankan juga agar di berikan tag target="_blank" atau open new tab. Karena di dalam hal SEO, membuka link eksternal di tab baru ini, supaya bisa mengurangi Bounce Rate atau rasio pantulan antara seberapa banyak pengunjung dan seberapa banyak yang masuk di situs atau blog kita. Jadi, apabila pengunjung sedang membaca artikel lalu pembaca atau mengklik link atau tautan yang ada pada artikel tersebut, maka akan dialihkan ke website lain, waktu seberapalama pembaca dan seberapa pendek waktu mereka membukanya.

Lain dengan link eksternal yang ada pada postingan atau artikel blog yang mempunyai tag target="_blank" apabila pembaca klik tautan tersebut, artikel tidak akan hilang atau di alihkan ke web lain dan waktu yang dihabiskan oleh pengunjung/pembaca akan lebih panjang.

Untuk itu, hal ini juga bisa menjadi bagian terpenting untuk di perhatikan dengan baik.

Dan berikut dibawah ini adalah script yang dapat di gunakan.


Cara Agar Link External Terbuka di Tab Baru Secara Otomatis

Pertama masuk ke Blogger.com-->
Masuk menu tema/Template--> Edit HTML. Lalu silahkan masukan kode javascript ini, pasang tepat di atas kode </body>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>

Selesai Simpan tema.

Selain itu apabila anda tertarik juga ingin memakai script di bawah ini yang sudah di beri tag rel="nofollow noopener" silahlan kopas saja:
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.rel="nofollow noopener")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>

Kode script di atas ini mempunyai dua perintah sekaligus:

"Nofollow" yang artinya merupakan perintah untuk mencegah agar bots tidak mengakses atau mengindeks tautan tersebut.

"Noopener" ini untuk mencegah link yang berbahaya mengambil alih tab yang sedang dibuka pembaca.

Dan untuk anda yang memakai tag target="_blank" maka perlu harus menambahkan tag rel="noopener" atau rel="nofollow noopener" ini bermaksud untuk alasan keamanan.

Nah, dengan memakai beberapa kode javascript di atas, maka Anda dapat mengubah semua link eksternal dibuka pada tab baru dan saat di klik akan mudah dan cepat.

Demikin untuk mengenai artikel Cara Agar Link External Terbuka di Tab Baru Secara Otomatis Mudah-mudahan bisa membantu, selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Cara Agar Link External Terbuka di Tab Baru Secara Otomatis"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel