Cara Mengaktifkan Fitur GPS di Semua Merk Android

Mengaktifkan fitur GPS Android - GPS merupakan sebuah panggilan kata singkatan dari Global Positioning System, (GPS) fitur tersebut memiliki fungsi untuk mengakuratkan posisi di satelit dan dapat digunakan sewaktu kita ingin mengakses Google Maps atau aplikasi petunjuk jalan sejenis lainnya.

Dalam hal ini fitur tersebut sangatlah bermanfaat sekali, ketika kita tidak tahu arah jalan untuk menuju ke suatu tempat misalnya sedang berkendara motor maupun mobil.

Cara Mengaktifkan Fitur GPS di Semua Merk Android

Dan pada semua smartphone sekarang misalnya seperti sekelasnya Samsung J5 atau Oppo F5, didalamnya sudah memiliki fitur GPS, dan sebagai pengguna tentu bisa menggunakan fitur tersebut, namun syaratnya tentu harus mengaktifkan dulu sebelum menggunakanya.

Nah, untuk itu artikel mang admin kali ini akan memberikan 2 cara untuk menyalakan fitu GPS di android yang dapat kamu lakukan dengan mudah walaupun di berbagai merk hp Android.

Jadi intinya walaupun pada hp android merk apapun, setelan ini tidak akan jauh berbeda dan apabila itu beda, bedanya cuma sedikit.

Misalnya mengaktifkan GPS dari Status Bar

Kamu usap status bar ke arah bawah sehingga nanti akan muncul tombol untuk mengaktifkan berbagai fitur. Disitu terdapat berbagai informasi setelan seperti suara, baterai, sinyal, dan lainya. Tinggal cari dan aktifkan GPS dengan memilih di bagian tersebut, setelah itu, tunggu beberapa saat sampai fitur GPS berhasil di aktifkan, biasanya akan ditandai dengan perubahan warna pada tombol fitu tersebut.

Selain itu kita juga bisa Menyalakan GPS langsung Lewat menu Pengaturan

Caranya:
Masuk menu Pengaturan, kemudian masuk lagi ke Setelan Tambahan kemudian masuk ke bagian "Privasi", Pilih Lokasi lalu Aktifkan GPS dengan menyalakan bagian tombol Akses Lokasi.

Langkah - langkahnya kurang lebih persis seperti diatas, dan sangat pas apabila kebetulan kamu menggunakan hp Xiaomi yang berada di MIUI 10 versi baru.


Untuk Mengaktifkan GPS di hp Samsung atau Merk Lainnya

Yang perlu harus kamu ketahui lagi memang bahwa setiap merk hp memiliki tampilan yang berbeda, dan jalan untuk masuk mengaktifkan gps juga pastinya akan sedikit berbeda. Namun cara ini sudah terbilang umum untuk mengaktifkan fitur gps di android.

Caranya:
Masuk menu Pengaturan
Masuk bagian Keamanan
Pilih Lokasi dan aktifkan fitur tersebut. (Aktifkan lokasi dengan akurasi tinggi )

Jadi, kebergunaan GPS pada smartphone tersebut merupakan cara untuk mengetahui lokasi keberadaan kita atau jalan yang akan kita lewati, maka dari itu dengan bantuan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps. Tentutunya agar kita bisa memiliki titik koordinat yang benar - benar akurat dan jelas, karena setau saya masih banyak juga orang yang menggunakan GPS, namun masih kurang akurat. Sehingga pada ahkirnya jadi nyasar.

Jadi, untuk mendapatkan titik koordinat yang tepat maka kamu harus mengaktifkan "Mode Akurasi Tinggi" ini untuk memaksimalkan kinerja GPS agar lebih tepat, dan fitur tersebut juga sudah pasti ada pada setiap GPS di berbagai merk hp Android.

Dan yang perlu di ketahui lagi, dengan menghidupkan mode akurasi tersebut pastinya akan mengonsumsi banyak baterai, karena kinerja GPS akan lebih meningkat lagi dari sebelumnya. Untuk itu sebaiknya menggunakan mode tersebut jika sedang dalam keadaan penting saja.


Bagaimana kalau GPS Yang Tidak Bisa bekerja?

Dalam hal ini mungkin di sebabkan oleh beberapa faktor tertentu sehingga mengakibatkan GPS tidak bisa berfungsi walaupun setelan fitur sudah aktif, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya bisa diatasi dengan beberapa cara seperti ini:
Coba Restart hp dulu, mungkin bisa saja terjadi karena kegagalan pada sistem abdroid, jika masih belum bisa coba juga Flash atau install ulang firmware.
jika masih belum teratasi, langkah terahkir bawa ke tempat service, karena mungkin saja terdapat kerusakan pada hardware GPS nya.

Beberapa cara di atas ini bisa kamu gunakan jika kebetulan mendapat masalah ketika ingin mengaktifkan fitur GPS. Karena, biasanya faktor tersebutlah yang menyebabkan masalah itu datang ada bagian sistem yang error atau terdapat bug pada firmware yang digunakan.

Mungkin hanya itu yang bisa mang admin berikan mengenai Cara Mengaktifkan Fitur GPS di Semua Merk Android, sekali lagi bahwa setiap merk hp akan mempunyai cara menghidupkan gps yang berbeda, namun pada dasarnya cara untuk menyalakan fitur gps di android hanya itu-itu sajah. Jadi, kamu bisa mencari sendiri fitur GPS tersebut. Karena Manga admin yakin kamu bisa melakukanya dengan mudah.

Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Cara Mengaktifkan Fitur GPS di Semua Merk Android"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel