5 Cara Perbaiki Mac Address Mikrotik Tidak Muncul di Winbox

Penyebab Mac Address Mikrotik Tidak Terdeteksi di Winbox dan Cara Mengatasinya - Mungkin anda juga pernah mengalami masalah tersebut seperti tidak bisa login ke mikrotik dengan Winbox lewat MAC Address. Winbox adalah utility yang sering di gunakan dalam melakukan remote pada sebuah router mikrotik dengan mode GUI.
5 Cara Perbaiki Mac Address Mikrotik Tidak Muncul di Winbox



Karena dengan menggunakan winbox tentu kita tidak kesulitan dalam melakukan konfigurasi pada router mikrotik, hanya dengan mengetikkan perintah CLI, lalu tinggal klik, dan jika mikrotik sudah berhasil terhubung dengan benar ke komputer, ketika buka winbox maka akan otomatis, langsung terlihat MAC Address yang digunakan mikrotik. Dan dengan mac address yang terdeteksi tersebut, kita bisa login serta melakukan konfigurasi mikrotik lewat winbox.

Saat mau di connectkan pada winbox kita bisa menggunakan IP Address ataupun MAC Address kemudian klik connect.

Namun masalahnya terkadang MAC Address tersebut tidak muncul, sehingga bisa bikin ribet ketika ingin melakukan konfigurasi.

Nah, dalam hal ini mungkin sajah ada beberapa penyebab yang membuat MAC Address Mikrotik tidak bisa tampil, dan berikut dibawah ini bisa sajah yang menjadi penyebabnya.


5 Cara Perbaiki Mac Address Mikrotik Tidak Muncul di Winbox

Berikut ini mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.
  1. Mungkin sajah Mikrotik belum terkoneksi di PC atau Laptop dengan benar, hal ini biasanya di sebabkan oleh kabel LAN yang kurang ter tancap.
    Untuk mengatasinya bisa coba cek kembali lampu indikator apakah sudah menyala atau belum. Jika koneksinya menggunakan wireless, pastikan juga sudah benar terkoneksi dengan SSID di jaringan Mikrotik tersebut.i
  2. Bisa jadi Mikrotik mengalami Hang, sehingga Mac Address nya tidak bisa terdeteksi.
    Solusi untuk mengatasinya bisa coba dengan restart mikrotik dengan cara mencabut kabel adaptor, biarkan debentar lalu pasang kembali.
  3. Mungkin komputer telah menggunakan Virtual adapter lewat aplikasi lain seperti VirtualBox atau VMWare.
    Untuk mengatasinya, coba disable virtual adapter tersebut, lalu coba kembali.
  4. Apabila mikrotik masih dalam kondisi baru coba setting konfigurasi IP address nya dahulu dengan pilihan obtain, karena hal ini secara default IP Address mikrotik biasanya di 192.168.88.1
  5. Apabila beberapa cara di atas masih sajah belum bisa untuk mengatasi Mac Address Mikrotik yang tidak bisa Muncul muncul, yang terakhir, coba lakukan hard reset, dengan menekan tombol reset Mikrotik yang ada.

Baca juga : Setting Mikrotik di Android Lewat Webfig Tanpa Ribet Instal Aplikasi lain

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi MAC Address Mikrotik tidak bisa muncul waktu di bukanya menggunakan aplikasi winbox. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "5 Cara Perbaiki Mac Address Mikrotik Tidak Muncul di Winbox"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel