Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack Untuk Semua Merk Android (Bersuara Saat Layar Disentuh)

Ok untuk kesempatan artikel kali ini mang admin akan share mengenai informasi seputar TalkBack, dan disini akan di jelaskan dari mulai apa sih TalkBack di android itu, dan bagaimana untuk cara menonaktifkan TalkBack tersebut, karena mungkin sebagian pengguna android ada yang berkeinginan untuk mematikan fitur TalkBack, dengan alasan yang sangat jelas, yaitu: (menganggu)

Jadi, tak heran jika untuk menonaktifkan TalkBack pada beberapa merk Android seperti Samsung, Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo dan beberapa merk lainnya, telah menjadi pertanyaan yang cukup ramai khususnya di Pencarian mbah Google.

Berikut ini adalah ulasannya:

Apasih TalkBack itu?

TalkBack merupakan salasatu fitur di android atau aplikasi bermanfaat yang dikeluarkan oleh Google. Fungsi dari aplikasi tersebut dapat memberikan informasi kepada pengguna android dengan suara.

Misalnya, apabila sedang membaca artikel atau menyentuh layar di pengaturan apapun, dan fitur TalkBack nya sedang diaktifkan, maka handphone akan bersuara dari apa yang ada di layar

Untuk itu fitur TalkBack ini adalah aplikasi yang sudah terbilang bermanfaat, karena dapat membantu mempermudah pengguna melakukan berbagai aktivitas apalagi ketika sedang mencari informasi.

Tapi kenyataanya kekurang dari TalkBack tersebut jadi terbalik arah dengan tujuan TalkBack itu sendiri. Karena faktanya sebagian besar pengguna android banyak yang telah menonaktifkan fitur TalkBack tersebut hanya dengan satu alasan saja, yaitu menganggu.

Memang bahasa mengganggu disini karena apabila fitur TalkBack aktif, maka akan secara otomatis dapat menganalisa tulisan yang ada di layar dan langsung mengeluarkan suara, namun biasanya akan muncul notifikasi dulu, bahwa TalkBack sedang bekerja dengan tanda tulisan merah yang muncul dari atas layar android.

Mungkin dikarenakan sebab itulah hingga tidak sedikit orang yang memilih untuk mematikan TalkBack.


Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack Android

Fitur ini biasanya tidak langsung otomatis aktif di beberapa merk dan tipe Android namun ada juga yang sudah ada atau terinstall. tentunya kita juga bisa menghapus aplikasi TalkBack tersebut.

Tapi yang perlu kamu ketahui lagi bahwa untuk cara menonaktifkan TalkBack pada hp Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo, atau merk lainnya, sudah pasti akan memiliki tampilan dan navigasi yang sedik berbeda beda.

Dan mang admin juga disini tidak memberikan cara untuk mematikan TalkBack pada berbagai merk Android secara satu persatu, karenakan keterbatasan.

Tapi walaupun memiliki sedikit perbedaan, mang admin yakin kamu bisa melakukanya karena mungkin hanya sediki sajah bedanya, jadi, apapun itu merk android yang kamu pakai intinya kamu coba cari atau masuk ke bagian yang sama seperti langkah - langkah dibawah ini.

Pertama Silahkan coba masuk ke "Pengaturan" dulu, di ikuti dengan Masuk ke "Setelan Tambahan" kemudian pilih "Aksesibilitas". Pada beberapa merk hp Android untuk masuk ke menu Aksesibilitas tersebut biasanya tidak perlu ke setelan tambahan dulu, jadi intinya kamu masuk ke Aksesibilitas sajah.

Kemudian jangan salah temukan dan Pilih "TalkBack" lalu silahkan nonaktifkan fitur aplikasi nya.

Sebagai contoh gambar mang admin disini menonaktifkan TalkBack di Samsung :

Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack Untuk Semua Merk Android (Bersuara Saat Layar Disentuh)
Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack Untuk Semua Merk Android (Bersuara Saat Layar Disentuh)

Sangat mudah kan? Jadi, Dengan mengikuti langkah sederhana di atas intinya kamu sudah berhasil mematikan futur TalkBack di android kamu

Selain itu untuk untuk mematikan TalkBack di Samsung bisa juga hanya tinggal menekan tombol Home sebanyak 3 Kali, dan nanti akan muncul pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack.

Dengan bantuan navigasi seperti itu menurut saya akan mempermudah juga apabila kita memang membutuhkan fitur TalkBack, maka tidak perlu masuk ke pengaturan dulu.

Terahkir
Mungkin hanya itulah sedikit iformasi dari mang admin untuk Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack di Semua Merk Android (Bersuara Saat Layar Disentuh) selamat mencoba dan semoga bisa membantu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

 

0 Response to "Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack Untuk Semua Merk Android (Bersuara Saat Layar Disentuh)"

Post a Comment

Semua Komentar, saran, dan kritik akan saya terima dengan senang hati, tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman, komentar tidak sopan, spam, dan berisi tautan, tidak akan tampil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel